Tempat Kunjungan Wisata Di Sumba barat. NTT

Posted: July 9, 2012 in Uncategorized

Promosi Pariwisata dan berbagi cerita.
lamunde22.wordpress.com


Semakin jauh aku melangkah semakin fokus arahnya, langkahku pernah sampai di Pulau Sumba yang terletak di propinsi Nusa tenggara timur. Saat itu wilayah sumba barat masih memiliki satu kabupaten yang ibukotanya Waikabubak dengan julukannya: “Pada eweta manda elu” yang artinya: Padang rumput kuda yang hijau dan terbentang luas.

Lama kelamaan daerah itu mulai berkembang dan jumlah kepadatan penduduk setiap tahunnya sangat pesat sampai akhirnya diadakan pemekaran wilayah kabupaten, maka saat ini sudah dimekarkan menjadi 3 kabupaten;

1.Kabupaten Sumba barat ibu kota : Waikabubak.

2.Kabupaten sumba barat daya Ibu kota: Waitabula

3.Kabupaten sumba tengah Ibu kota: Anakalang.

Di sumba barat ada banyak tempat wisata yang sangat menarik untuk kita kunjungi, Karena disini tempat kita untuk saling berbagi, maka aku ingin menginformasikan tempat-tempat wisata yang pernah aku kunjungi di wilayah itu, semoga saja bermakna untuk siapa saja yang ingin berkunjung kesana.

Ada beberapa kampung adat yang tua dan unik terletak di tengah kota waikabubak, kita dapat berjalan kaki dari tempat dimana kita menginap, boleh juga menggunakan kendaraan tapi harus parkir diluar kampung, karena hampir semua kampung yang ada di pulau sumba sejak jaman dahulu selalu membuat pagar dari batu maupun dari kayu agar hewan peliharaan mereka yang ada didalam kampung tidak berkeliaran diluar dari halaman kampung tersebut, Dan masih banyak kampung yang letaknya diatas bukit dan pegunungan, untuk mengunjunginya kita harus berjalan kaki.

Tempat – tempat Wisata yang ada di wilayah sumba barat:

1. Kampung Tarung, kampung Waitabar, kampung Puu naga, kampung Tambelar, kampung Praijing dan kampung Loli. Kampung-kampung diatas letaknya didalam kota Waikabubak. Rumah – rumah adat itu masih asli dengan atap yang selalu menjulang tinggi. Ditengah kampung ada batu kubur tua, Di kampung yang sama kita dapat melihat penduduk kampung terutama kaum wanita lagi menenun kain, Jika tertarik dengan jenis ikat tersebut, kita boleh membeli dari penduduk kampung setempat dengan harga yang relatif murah.

2. Kampung Galubakul, kampung Laitarung dan kampung Pasunga. Ketiga kampung ini letaknya di wilayah Anakalang ( Pasunga ) Kabupaten Sumba tengah. Disana terdapat Batu Kubur Raja yang telah lama meninggal dengan ukuran besar dan tua. Di Wilayah yang sama kita juga dapat melihat para petani lagi menanam padi di sawah dan para ibu dikampung lagi menenun kain. Diantara kampung Pasunga dan kampung Galubakul ada bukit Laitarung, Dari atas bukit itu pemandangan alamnya sangat terpesona dan sangat cocok untuk mengambil gambar/photo alam disekitarnya.

Diatas bukit itu ada batu kilat/Petir. Ada 4 tiang rumah dari batu yang sudah sangat tua dan usang akibat disambar petir setiap musim hujan. Menurut saksi mata dan cerita massa di Anakalang bahwa, setiap ada kilat/petir akan timbul cahaya dari dasar tiang yang mengeluarkan bunga api dan merambat ke tiang batu tersebut. Untuk mengunjungi kampung ini kita dapat menumpang bus jurusan Waingapu dari kota waikabubak, atau bemo jurusan luar kota menuju kampung Anakalang.

3. Kampung Waigali dan kampung Praigoli. Kedua kampung ini terletak di wilayah Wanokaka. Di lokasi yang sama terdapat Pantai berpasir putih, Pantai Wanakaka dan Pantai Rua. Pantai Rua sangat terkenal dengan Gelombang lautnya yang besar dan sangat cocok untuk bermain selancar. Kedua kampung diatas masih sangat tradisional, Dan seperti biasa di tengah kampung terdapat batu kubur raja dengan usia yang sangat tua. Di Wanakaka ada arena/ tempat “Pasola” Perkelaian antar dua team dari atas punggung kuda yang sementara lari, pada bulan Maret setiap tahun.

Untuk mengunjungi kampung ini kita dapat menumpang Bus umum dari Terminal Waikabubak jurusan Wanokaka, Sedangkan menuju pantai Rua harus menumpang Bus Jurusan Lamboya.

4. Kampung Sodan dan kampung Kadengar, terletak di wilayah Lamboya. Di wilayah yang sama terdapat Pantai Pasir putih. Pantai “Marosi”, dan pantai Gaura. Kedua kampung diatas masih sangat tradisional dan terdapat batu kubur tua. Di Lamboya selalu melakukan “Pasola” pada bulan February setiap tahun. Gelombang laut di pantai Marosi kadang-kadang mencapai 2-3 meter, sangat cocok untuk bermain selancar.

5. Kampung Pranabaroro, kampung Rate nggaro, kampung Wainyapu dan kampung Kodi, terletak di Kabupaten sumba barat daya. Rumah-rumah yang ada disetiap kampung masih sangat traditional dan batu kubur yang sangat tua. Disetiap Kampung kita dapat melihat para ibu lagi menenun kain. Untuk mengunjungi kampung diatas kita dapat menumpang Bus jurusan Kodi – Waitabula dari waikabubak.

Disana ada pantai pero dengan ombaknya yang besar sangat cocok untuk bermain selancar, Ada pantai Kodi yang membentang luas dengan pasir putih yang bersih, sangat cocok untuk berenang dan rekreasi. Di Wilayah yang sama selalu melakukan festival “Pasola” pada bulan February setiap tahun, Nama tempatnya: Kodi besar, Kodi Banggedo dan Ratenggaro.

6. Pantai Oro dan pantai Newa letaknya di wilayah Waitabula dan tidak seberapa jauh dari Tambolaka airport. Pantai panjang berpasir putih dengan air laut yang tenang dan bening membuat kita betah untuk berenang dan berendam diri disana.

7. Pantai Mamboro letaknya di utara sumba barat, sangat cocok untuk berenang dan rekreasi. Sepanjang perjalanan menuju pantai ini pemandangan alamnya sangat spectakuler.

8. Di Sumba barat daya ada Taman Nasional: Taman Nasional Tanah Deru yang didalamnya di huni beragam jenis burung dan habitat lainnya.

Untuk Menghemat waktu didalam perjalanan mengelilingi pulau Sumba, Alangkah baiknya kita menyewa kendaraan sendiri. Tempat penyewaan ada di setiap hotel di pulau itu, atau ke tempat Rent Car yang ada di setiap kota kabupaten. Harga untuk menyewa kendaraan di pulau sumba mencapai Rp.500.000/hari untuk luar kota termasuk Sopir, Dan untuk didalam kota Rp.300.000.

TIPS:

Nama-nama tempat atau lokasi yang selalu mengadakan PASOLA di Sumba Barat Yaitu : Wilayah Wanokaka, Lamboya, Gaura, Rate Nggaro, Kodi Bangedo, dan Kodi besar. Sedangkan tempat Pacuan kuda ada di setiap kabupaten.


Penginapan atau Hotel yang ada di kota Waikabubak:

1. Hotel Artha. 

2. Hotel Monalisa

3. Hotel Manandang

4. Hotel Karanu 

5. Hotel Sinar Tambolaka.

6. Losmen Aloha.

7. Losmen Pelita

8. Losmen Ronita.

Penginapan yang ada di tepi pantai:

1. Rua Resort Beach Hotel.

2. Lamboya Resort Hotel 

3. Waetabula Resort Beach Hotel

4. Oro beach hotel Waitabula

Yang berminat untuk mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada diatas silahkan kontak ke Biro perjalanan yang ada di kota Anda atau Biro perjalanan yang ada di pulau sumba.

Selamat berkunjung semoga menyenangkan.

lamunde22.wordpress.com
About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s