Inilah Jenis-Jenis Penyakit yang Menyerang Mulut

Posted: June 19, 2012 in Uncategorized

nilah Jenis-Jenis Penyakit yang Menyerang Mulut – Mulut merupakan pintu masuk kedalam tubuh anda. Dari sini semua jenis makanan dan minuman akan melewatinya. Untuk itulah kita semua wajib menjaga kebersihan dan kesehatan mulut itu sendiri untuk menghindari dan mencegah penyakit dan permasalahan yang akan terjadi.Jika dalam tips kesehatan sebelumnya kenzoo hadirkan tentang Beberapa Kebiasaan Yang Rentan Terhadap Penyakit. berikut ini ulasan tentang berbagai macam permasalahan yang menyerang mulut anda.
Luka Dingin
Juga disebut lepuh demam, Anda tidak mendapatkan luka dingin dari demam atau pilek namun hal tersebut dapat memicu terjadinya oenyakit ini. Virus yang menyebabkan luka dingin biasanya ditularkan melalui ciuman, peralatan bersama, atau kontak dekat lainnya. OTC krim dan salep dapat membantu ketidaknyamanan dan mempercepat penyembuhan. Jika hal ini sering anda alami, maka sebaiknya anda periksa ke Dokter.
Sariawan
Disebabkan oleh jamur candida, sariawan paling sering terjadi pada orang dewasa atau bayi. Tetapi sistem kekebalan yang lemah, antibiotik, diabetes atau obat tertentu seperti kortikosteroid inhalasi dapat memberikan kandida kesempatan untuk tumbuh liar. Menyeka patch akan menyebabkan rasa sakit. Sebaiknya segera temui dokter untuk mendapatkan diagnosis.

Lidah Hitam Berbulu
Kondisi ini menimbulkan rasa sakit dan terjadi ketika benjolan kecil di lidah Anda tumbuh bakteri panjang dan menjadi perangkap yang hidup di mulut Anda dan membuat lidah Anda terlihat hitam dan berbulu. Penyebabnya dapat mencakup karena penggunaan antibiotik, kebersihan mulut yang buruk, merokok, minum banyak teh atau kopi, dan tidak memproduksi air liur cukup. Menyikat lidah Anda dan menggunakan pembersih lidah merupakan tips kesehatan yang bagus untuk menangani hal ini meskipun kadang obat-obatan diperlukan.

Luka busuk
Tidak ada yang tahu apa yang menyebabkan penyakit yang menyakitkan dalam mulut Anda ini. Pemicu termasuk hipersensitivitas, infeksi, hormon, stres, dan tidak mendapatkan beberapa vitamin yang cukup. Juga disebut borok aphthous, sariawan yang bisa muncul di lidah, pipi, bahkan gusi Anda. Mereka biasanya bertahan atau dua minggu. Persistent, sariawan yang parah dapat diobati dengan krim mati rasa, obat-obatan resep, atau laser gigi.

Leukoplakia
Leukoplakia adalah reaksi terhadap iritan, seperti gigi kasar, gigi palsu kurang pas, merokok, dan tembakau tanpa asap. Hal ini dapat muncul sebagai bercak putih atau plak dalam mulut, biasanya tanpa rasa sakit, dan tidak dapat dikerok. Leukoplakia juga bisa menjadi kondisi prakanker. Patch persisten atau perubahan lain di mulut Anda perlu evaluasi dokter gigi.

Lichen Planus
Ruam langka yang muncul sebagai berenda, bercak putih atau benjolan merah mengkilap di bagian dalam pipi atau lidah bisa disebut lichen planus. Tidak ada yang tahu apa penyebabnya. Umumnya, lichen planus ringan tidak membutuhkan perawatan apapun. Jika hal itu menyebabkan rasa sakit atau luka, dapat diobati dengan obat oral dan topikal. Oral lichen planus dapat menjadi kronis dan dapat meningkatkan risiko untuk kanker mulut. Lichen planus juga dapat mempengaruhi kulit, kulit kepala, kuku, dan alat kelamin.

Geografis lidah
Ketika bagian lidah Anda terdapat beberapa benjolan kecil dan berakhir dengan bintik-bintik memberikan lidah Anda sebuah tampilan seperti peta. Bintik-bintik dapat mengubah lokasi, pola, dan ukuran dalam beberapa menit ke jam. Geografis lidah tidak berbahaya dan dapat muncul dan hilang. Biasanya tidak diperlukan pengobatan apapun. Jika ada rasa sakit, penghilang rasa sakit dan obat anti inflamasi dapat membantu.

Oral Kanker
Sebuah rasa sakit mulut yang tidak hilang. Unexplained mati rasa di mulut, leher wajah, atau masalah mengunyah, berbicara atau menelan. Ini adalah sedikit gejala kanker mulut. Penyebab dapat mencakup merokok dan menggunakan tembakau tanpa asap, banyak minum, overexposure ke matahari, dan riwayat kanker keluarga. Kanker mulut juga dihubungkan dengan human papillomavirus atau HPV.

Sindrom Sendi Rahang
Sebuah masalah dengan rahang disebut sindrom sendi temporomandibular dapat menyebabkan sakit parah di wajah, rahang, telinga leher, atau saat gigi menggiling, atau cedera semua bisa menyebabkan sindrom sendi rahang, tetapi hasilnya sering sama: nyeri, sakit kepala, pusing, bahkan kesulitan menelan. Pengobatan mungkin melibatkan istirahat, obat, atau operasi.

Gigi Pecah
Mengunyah es atau permen keras, menggiling atau mengepalkan gigi, bahkan mengekspos gigi terhadap panas dan dingin dapat menyebabkan chip, retak di gigi Anda. Chip kecil atau retak mungkin tidak mengganggu. Tetapi sesuatu yang lebih dapat menyebabkan rasa sakit atau kerusakan gigi permanen. Dokter gigi Anda dapat menawarkan ikatan gigi, contouring gigi, veneer porselen, dan mahkota untuk memperbaiki gigi rusak parah.

Tattoo Amalgam
Pernah perhatikan biru-abu-abu kecil “noda” di bagian lunak mulut Anda setelah perawatan gigi? Disebut tato amalgam, mereka terjadi ketika sepotong kecil dari pengisian amalgam akan tertanam di pipi atau gusi. Perak di larut amalgam ke dalam jaringan lunak mulut Anda, sehingga apa yang tampak sedikit seperti sebuah tato kecil. Tato amalgam tidak membahayakan. Tetapi jika tempat biru-abu-abu tumbuh atau berubah warna, ada kemungkinan baik itu mungkin bukan tato amalgam. Mintalah dokter gigi untuk check it out.

Penyakit periodontal
GAMBAR 12:
Ketika penyakit periodontal (gusi) berkembang, bakteri dalam plak menumpuk di sepanjang garis gusi. Radang gusi adalah tahap pertama dari penyakit gusi. Gejala termasuk gusi merah, bengkak, dan berdarah. Kebersihan mulut yang tepat dapat membantu mencegah penyakit periodontal. Merokok, diet, miskin dan stres dapat membuatnya lebih buruk.

Infeksi Gusi
Tahap selanjutnya dari penyakit gusi adalah periodontitis, atau infeksi gusi. Peningkatan peradangan menyebabkan gusi menyusut, membentuk kantong diantara gigi dan gusi. Ini perangkap kantong karang gigi, plak, dan sisa-sisa makanan yang pada akhirnya menyebabkan infeksi dan abses. Penyakit gusi lanjut merusak tulang yang mendukung gigi dan merupakan salah satu penyebab utama hilangnya gigi pada orang dewasa. Temui dokter gigi untuk mengobati gusi surut.

Gigi berlubang, Abses, Perubahan warna
Flossing dan menyikat pemeriksaan gigi setiap hari dan teratur membantu mencegah masalah seperti gigi berlubang, abses, dan perubahan warna gigi. Jangan main-main dengan sakit gigi yang parah. Infeksi gigi bisa menyebar ke tengkorak, wajah, dan bahkan ke aliran darah. Temui dokter gigi Anda sesegera mungkin jika nyeri gigi Anda atau jika Anda mengalami demam, sakit telinga atau sakit ketika Anda membuka mulut Anda lebar.

Bau Mulut
Gigi memiliki partikel makanan di sekitar mereka yang terdapat bakteri dan menyebabkan bau mulut. Persistent bau mulut atau rasa tidak enak di mulut Anda mungkin dari napas yang dilakukan lewat mulut, mulut kering, tanda dari penyakit gusi, atau bahkan diabetes. Memerangi bau mulut dengan menggosok gigi dan lidah, air minum, dan menghindari makanan pemicu. Temui dokter gigi Anda jika bau mulut terus berlanjut. Baca : Tips Mengatasi Bau Mulut Saat bangun Tidur

Benjolan Kebohongan
Menurut cerita lama ‘, berbohong menyebabkan benjolan di lidah Anda. Jadi yang disebut “benjolan kebohongan” atau papillitis lingual sementara yang umum bahkan jika Anda hanya mengatakan kebenaran. Benjolan kecil ini tidak berbahaya dan akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa hari, tetapi mereka mungkin tidak nyaman. Tujuan mereka adalah sebuah misteri – itu bisa menjadi reaksi terhadap makanan atau trauma kecil seperti menggigit lidah.

Itulah tadi info untuk anda pada pposting kali ini tentang Jenis Jenis Penyakit Yang Menyerang Mulut yang bisa kenzoo bagokan buat para sahabat. Semoga bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s