Tari Tor-Tor Diklaim Malaysia, Ini Kata Menkominfo

Posted: June 19, 2012 in Uncategorized

JAKARTA – Satu lagi kekayaan budaya Indonesia diklaim oleh Malaysia. Tari Tor-Tor dan Gondang Sambilan yang berasal dari Sumatera Utara, belakangan diketahui terdaftar dalam Bagian 67 Undang-undang Warisan Nasional 2005 Malaysia.

Menilik kejadian tersebut, Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring mengimbau agar masyarakat tidak terprovokasi. “Menurut saya tidak usah diprovokasi. Soal begini kita dialog saja sama mereka,” ujarnya di Jakarta, Senin (18/6/2012).

“Saya tidak setuju bam-bom bam-bom. Masyarakat jangan terlalu diprovokasi karena ini tidak akan menyelesaikan masalah. Jadi kita diplomasi saja,” pungkasnya.

Dia mengingatkan, jangan sampai masalah tersebut jadi menyulut emsoi. Terlebih karena selama ini hubungan kedua negara sudah terjalin baik.

Lebih lanjut, Tifatul mengungkap berniat akan mengeceknya pada Menteri Penerangan dan Komunikasi dan Kebudayaan Malaysia. Pengecekan tersebut harus dilakukan terutama karena ada kemungkinan budaya yang dimaksud merupakan bawaan dari orang Indonesia yang datang ke sana.

“Misalnya, di negeri sembilan ini banyak penduduknya yang berasal dari Sumatera Barat, ada yang dari Ponorogo. Mereka memainkan Reog, bagaimana kita melarangnya? Ketika masuk ke negeri Sembilan, ada kubah rumah seperti yang ada di Padang. Bagaimana kita mengklaim, toh mereka anak-cucu yang berasal dari Sumatera Barat?” papar Tifatul.

“Menghadapi ini kita harus tenang. Saya akan cek, apakah sudah didaftarkan. Kita akan kirim surat memberitahukan bahwa ini adalah budaya Indonesia dengan fakta-fakta sejarah,” pungkasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s