tips sehat bugar

Posted: June 19, 2012 in Uncategorized

Banyak orang keliru menganggap kebugaran identik dengan badan yang langsing. Kenyataannya, kebugaran tidak ada hubungannya dengan ukuran tubuh.

Anda dapat menjadi gemuk dan masih tetap bugar pada waktu yang sama.

Jadi apa kebugaran?

Kebugaran pada dasarnya adalah sebuah kondisi tubuh dan pikiran yang sehat.

Kebugaran telah menjadi isu besar dewasa ini. Ini diakibatkan gaya hidup yang tidak sehat. Gangguan kesehatan akibat gaya hidup seperti obesitas, hipertensi, diabetes dll, menjadi lebih sering terjadi dari hari ke hari.

Salah satu cara untuk mengatasi gangguan ini adalah dengan berlatih kebugaran atau fitnes. Fitnes tidak berarti harus menjadi anggota gym mahal atau berlatih dengan alat-alat kebugaran yang harganya selangit.

Kebugaran pada dasarnya berarti mengadopsi gaya hidup sehat untuk meningkatkan ketahanan mental dan fisik.

Di bawah ini adalah beberapa tips kebugaran yang bisa Anda ikuti:

1. Memahami Tubuh

Sebelum Anda mendaftarkan diri untuk program penurunan berat badan atau berlangganan keanggotaan gym, sangat penting untuk memahami tubuh dan pikiran Anda secara menyeluruh.

Jika Anda adalah orang sehat dengan postur rata-rata, maka Anda tidak perlu program fitnes khusus. Anda bisa jogging di taman di pagi hari atau melakukan yoga untuk menjaga tingkat kebugaran.

Namun, jika Anda menderita masalah kesehatan, maka akan tepat untuk mendapatkan nasihat dari seorang profesional tentang jenis latihan kebugaran yang cocok.

2. Identifikasi Tujuan

Kebanyakan orang yang ingin mengikuti latihan fitnes melakukannya hanya untuk meningkatkan penampilan fisik.

Banyak yang melakukan latihan fitnes untuk mendapatkan bisep yang berotot atau perut six pack.

Tentu saja tujuan di atas sah-sah saja. Jika Anda masuk dalam kategori ini, akan dibutuhkan komitmen jangka panjang agar tujuan Anda tercapai.

3. Nutrisi

Nutrisi adalah faktor yang paling penting ketika Anda berlatih fitnes. Makan makanan yang sehat sangat penting untuk mencapai kebugaran mental dan fisik.

Ini termasuk makan makanan rendah karbohidrat, protein tinggi, serta memperbanyak buah-buahan segar dan sayuran dalam diet harian.

Anda harus terbiasa untuk sarapan di pagi hari. Bukan hanya itu dapat mencukupi kebutuhan energi Anda, tetapi juga akan mengurangi keinginan untuk ngemil makanan tidak sehat.

Selain itu, penting juga untuk meninggalkan makanan olahan atau cepat saji.

4. Gaya Hidup

Gaya hidup sehat memainkan peran penting untuk mencapai kebugaran. Jika memulai hari dengan sikap positif, Anda pun akan tetap sehat sepanjang hari.

Belajar bagaimana menghadapai stres juga akan membuat pikiran dan tubuh tetap sehat. Jauhi alkohol dan rokok yang memiliki dampak negatif pada kehidupan Anda.

Terakhir, habiskan waktu bersama keluarga dan belajar untuk tertawa pada hal-hal kecil dalam hidup. Ini merupakan kunci utama untuk hidup sehat dan bugar.[]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s