Pesona Alam Pantai Sumba Yang Masih Natural

Posted: July 9, 2012 in Uncategorized

Pantai Baing

Pantai Baing dengan batu dan jurang terjal diliputi pepohonan di sekitarnya

Perjalanan ke Pantai Baing menempuh waktu sekitar 1,5 jam dr Puskesmas Nggongi, melewati terjalnya jalan cadas tanpa aspal melewati Kecamatan Ngadu Ngala tanpa signal dan tanpa listrik dengan penduduk yang ramah menyambut kita.

Pantai Baing Sumba Timur NTT

Pantai Baing di bagian barat Sumba Timur

Inilah Pantai Baing dilihat dari sisi kanan, bila kita kesana tidak akan rugi karena disana pasir putih dengan hembusan angin kencang dan debur omabk pantai selatan Indonesia yang berbatasan langsung dengan Australia. Jangan coba2 menyelam disini katanya banyak hiu di tengah laut :)

Watu Parunu Baing

Watu Parunu Baing saat pasang

Watu yang artinya batu, dengan lubang ditengahnya. Parunu artinya menyelam. Jadi bila kita melewati lubang di tengah batu seperti menyelam di bawah batu. Bila saat surut di pagi hari kita bisa foto2 dibawahnya, sayang saat itu laut sedang pasang.

Pantai Baing

Pantai Baing

Pantai dengan jurang2 terjal, pepohonan dan pantai putih mengelilingi birunya laut.

Perahu merapat pantai Weihungu

Perahu-perahu bersandar di Pantai Weihungu

Pada bulan November akhir ombak di selatan sangat tinggi karena ada badai di laut, dengan tinggi gelombang bisa mencapai 2-3 meter di tengah laut akibat pengaruh El Nino. Maka banyak nelayan di pantai selatan sumba ‘memarkirkan’ perahu-perahunya. Diatas adalah perahu yang digunakan nelayan setempat untuk mencari cumi, ikan tembang, gurita, ikan tuna.

Pantai Katundu

Pemandangan Pantai Katundu

Pantai penyeberangan ke pantai Prai Salura. disini kita menunggu kapal nelayan yang menyeberangkan kita ke pulau tersebut. Pulau Prai Salura adalah pulau yang dimiliki Sumba Timur selain Pulau Kotak, kambing dan Mengkudu. Pulau Mengkudu mempunyai resort kerjasama penduduk sekitar dengan wisatawan dari Australia. Dahulu banyak dikunjungi wisatawan dari Australia untuk surfing. tapi sejak 2 tahun lalu, terjadi gosip sengketa antara Indonesia dan Australia sehingga TNI mengirimkan personalnya dan kapal agar pulau ini tidak direbut. Sekarang resortnya sepi deh……

Batu terjal di pantai Katundu

Kita kecil di antara ciptaan-Nya, batu jurang Pantai Katundu

Batu-batu cadas yang menjadi ciri khas Sumba Timur di sekitar pantainya merupakan pemandangan elok yang jarang tersentuh.

Yuk ke Sumba Timur NTT……!!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s